Tip Mengajari Hafalan Doa-doa Harian untuk Anak-anak

 

 

Bunda pasti sudah tahu tentang pentingnya mengenalkan doa untuk anak-anak. Ya aktivitas berdoa diajarkan karena bagian dari penanaman keyakinan dan ketaatan kepada Allah SWT. Berdoa adalah sarana terhubung, mendekatkan diri, dan mengingat Allah SWT. Sebab segala usaha yang didukung doa akan lebih afdol jika beroleh ridlo dari Sang Pencipta.

 

Setidaknya ada enam doa harian yang wajib dikenalkan kepada anak sejak usia dini. Seperti doa untuk orang tua, doa sebelum tidur, doa bangun tidur, doa keluar rumah, dan doa sebelum makan.

 

Cara mengajarkan hafalan doa, sebaiknya tuntaskan per tema doa. Kenalkan lebih dahulu doa-doa pendek. Penggalah per bagian atau per kumpulan kata menurut artinya. Misalnya, dalam doa untuk kedua orang tua berikut ini.

 

Robbighfirlii wa liwaalidayya warharm humaa kamaa robbayaanii shoghiiroo.

 

Cara mudah menghafalnya, dipenggal menjadi tiga bagian seperti ini:

 

Robbighfirlii wa liwaalidayya

Ya Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku.

 

warharm humaa

dan sayangilah mereka

 

kamaa robbayaanii shoghiiroo

sebagaimana mereka menyayangiku sejak kecil.

 

Ajarkan perlahan dengan mengucapkan berulang kali secara lisan dengan intonasi yang jelas. Sebelum menyampaikan perhatikan moment yang tepat misalnya saat anak-anak sedang dalam mood yang baik, saat anak tidak dalam bermain secara fisik seperti berlarian.

 

Langkah lain tempelkan doa-doa tersebut di tempat yang mudah dibaca. Misalnya, doa sebelum masuk kamar mandi, ditempel di dekat area kamar mandi. Doa sebelum makan ditempelkan di dekat ruang makan, dst.

 

Mari bunda dampingi anak-anak kita dengan sabar dalam mengajari mereka doa-doa harian secara bertahap hingga mereka mahir dan fasih dalam berdoa secara mandiri.

 

doa-harian-pilihanSebagai referensi buku Doa Harian Pilihan yang diterbitkan anakkita bisa menjadi panduan yang bagus. Kelebihan buku ini terdapat bonus poster doa harian yang berwarna. Bunda bisa menggunting per doa atau menempelkan full di kamar anak-anak. Buku dan poster ini amat membantu bunda dalam mengenalkan doa-doa harian untuk anak-anak.

 

Salam mendidik, mengasuh, dan memberi tauladan kepada anak.

 

 

Bestseller

Cover-MONTESSORI-0-3-tahun     Cover-MONTESSORI-3-6-tahun

banner-islamic-montenssori