Tip Dasar Belajar Menulis Huruf Hijaiyah untuk Anak

 

Agar tidak hanya mahir membaca, anak-anak juga perlu sejak dini dikenalkan cara menuliskan huruf Hijaiyah. Kemampuan menuliskan huruf-huruf hijaiyah dapat merangsang perkembangan syaraf motorik halus anak-anak. Sekaligus belajar kesabaran, ketelitian, dan ketekunan.

 

Ada beberapa tip dasar mengajarkan menulis huruf hijaiyah untuk anak. Belajar menulis huruf Hijaiyah perlu didasari dengan suasana menyenangkan, ini akan sangat membantu. Sediakan pensil, kertas, dan penghapus.

 

Berikan contoh agar anak melihat terlebih dahulu, cara bunda menuliskan. Sembari mengingatkan kembali menulis huruf Hijaiyah selalu dimulai dari kanan ke kiri dan dari atas ke bawah. Menuliskan huruf Arab seperti halnya belajar menggambar, banyak memadukan lengkung, garis, dan titik.

 

Belajar menulis huruf demi huruf dimulai dari menebalkan huruf hijaiyah yang putus-putus. Seperti menebalkan sebuah gambar. Tidak perlu buru-buru 1 huruf boleh diberikan waktu lebih dari 10 menit atau 1 hari 2 huruf belajarnya. Sesuaikan juga dengan usia dan mood anak-anak.

 

Setelah menebalkan huruf, coba ulangi dengan menuliskan kembali huruf demi huruf, alif hingga ya. Tidak perlu buru-buru. Yang penting anak-anak menikmati dan senang dahulu. Jangan lupa bunda berikan tanda bintang lima jika sudah selesai per huruf sebagai penyemangat belajar.

 

Berbekal belajar menulis huruf demi huruf hijaiyah ini, kelak anak-anak bisa belajar huruf sambung. Pada tingkat lanjutan mereka akan lebih mengenal dan memahami isi Al Quran dan hadis Nabi Muhammad SAW.

 

Luangkan waktu sekitar 15 menit bersama anak, secara rutin, misalnya sore hari setelah anak mandi untuk belajar menebalkan dan menulis huruf demi huruf.

 

pintar-menulis-huruf-hijaiyah-anakkita-okSebagai acuan agar lebih mudah mendampingi anak-anak, buku “Pintar Menulis Huruf Hijaiyah” berisi lembaran-lembaran untuk membantu anak-anak dalam belajar menulis huruf hijaiyah. Buku ini dirancang agar anak bisa belajar menulis huruf demi huruf khusus untuk usia TK dan SD.

 

Dalam buku ini dilengkapi bonus poster petunjuk tempat keluarnya bunyi huruf Hijaiyah. Atau bagaimana cara menyebutkan huruf-huruf Hijaiyah sesuai bunyinya. Seperti bunda ketahui ada 29 huruf. Melalui ilmu makhraj ini, harapannya pelafalan bunyi huruf demi huruf yang dikenalkan sejak dini bisa lebih fasih dan benar.

 

 

 

 

Bestseller

Cover-MONTESSORI-0-3-tahun     Cover-MONTESSORI-3-6-tahun

banner-islamic-montenssori