6 Cara Mengajari Anak Belajar Bahasa Inggris

anakBarangkali ada ketakutan sendiri ketika orangtua ingin mengajari anak belajar bahasa asing kepada anaknya. Biasanya alasannya klasik, karena orangtua kurang mahir dalam berbahasa Inggris. Sesungguhnya bukan masalah jika orangtua tidak begitu pandai dalam berbahasa Inggris.  Saat ini banyak media belajar bahasa yang cukup familiar untuk belajar bahasa khusus untuk anak. Yang termudah, misalnya menggunakan tutorial YouTube, televisi, film, dan buku.

Kebingungan lain biasa mau mulai dari mana mengajarinya. Khusus untuk TK dan SD, seperti halnya dalam belajar bahasa Indonesia, mengajari anak berbahasa Inggris bisa dimulai dari mengenalkan angka-angka, warna-warna, kata sifat (besar, bahagia, sedih, tinggi), lawan kata, nama-nama binatang, dan lain sebagainya.

Setelah tahu apa yang ingin dikenalkan dan diajarkan kepada buah hati Anda, buatlah cara belajar yang variatif. Agar cara belajar bahasa Inggris tidak membosankan, tentu orangtua perlu kreatif. Berikut beberapa cara yang mungkin bisa bunda ikuti agar anak menyukai bahasa Inggris.

 

Membacakan Cerita

 

Membacakan cerita pendek dan sederhana dalam bahasa Inggris bisa bunda coba. Buku cerita bergambar, penuh ilustrasi dan warna biasanya disukai anak-anak. Membuka buku bersama-sama buah hati sembari mengucapkan kata-kata baru dan mengenalkan artinya bisa jadi awal yang bagus untuk belajar bahasa Inggris.

 

Bernyanyi

 

Selain menyenangkan, mengajak anak-anak bernyanyi dalam bahasa Inggris, tidak terasa akan mengenalkan mereka pada aneka kosakata. Lewat cara ini bunda pun bisa mengajarkan artinya dan cara pengucapannya

 

Bermain

 

Tidak bisa dipungkiri waktu anak-anak banyak dihabiskan untuk bermain. Termasuk  dalam mengenalkan bahasa asing kepada anak, pun perlu disematkan dengan cara permainan. Hal ini untuk menghindari kebosanan belajar dengan permainan, games yang menyenangkan tentunya.

 

Rutin

Lebih baik mengajarkan bahasa Inggris dalam 15 menit secara rutin dibandingkan belajar lama tetapi membosankan. Lakukan sehari sekali secara rutin agar bisa menjadi kebiasaan.

 

Menonton Film

 

Biarkan anak menonton film anak untuk melatih pendengaran dan menambahkan kosakata bahasa Inggris. Biasanya anak akan bertanya jika mereka tidak mengerti artinya. Nah, di sini orangtua harus siap dengan kamus.

 

Kamus Bergambar

 

Belajar bahasa Inggris untuk anak dengan kamus bergambar bisa menjadi media yang efektif dan menyenangkan. Melalui kamus kamus-lengkap-bergambar-inggris-indonesiabergambar orangtua bisa dengan mudah menunjukkan langsung nama benda, kata sifat, tempat, dan lain sebagainya.

Sebagai referensi buku “Kamus Lengkap Bergambar; Inggris – Indonesia” bisa dijadikan panduan orangtua dan anak dalam mengenalkan bahasa Inggris. Kelebihan buku ini dikelompokkan dalam 50 kosataka yang ada di sekitar kita dan mudah ditemukan. Untuk memudahkan cara pengucapan di bagian bawah kata dilengkapi cara baca dan QR Code yang bisa langsung didengarkan lewat handphone.

Yuk, belajar bahasa Inggris mulai dari rumah!

 

 

Rekomendasi

kamus-lengkap-bergambar-inggris-indonesia     menggambar-manga-dengan-pensil-untuk-pemula

banner-wira--dane