Selamat Hari Pramuka!

pramuka

Sumber foto: www.flickr.com/photos/alkhoirot/6915547955

Selamat datang Agustus! Sebuah bulan dimana rakyat Indonesia merasakan kegembiraan menyambut Hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus.

Ya, tidak terasa ya, adik-adik, kemerdekaan negara kita ini sudah memasuki usia 70 tahun. Terbayang dong, betapa hebat dan penuh perjuangannya para pahlawan kita dalam memperjuangkan kemerdekaan?

Namun, selain Hari Kemerdekaan, di bulan ini juga ada peringatan hari istimewa lainnya, lho. Yup, tepat di tanggal 14 Agustus, masyarakat dunia dan Indonesia memperingati berdirinya organisasi Pramuka. Ayo, siapa di antara kamu yang tahu sejarah pramuka di Indonesia?

Seperti dikutip dari pramuka.or.id, dulu seorang pemuda bernama Baden Powell mengembangkan istilah kepramukaan atau scouting sebagai cara membina kaum muda di Inggris yang terlibat dalam kekerasan dan tindak kejahatan. Powell menerapkan scouting ini secara intensif kepada 21 orang pemuda dengan berkemah di pulau Brownsea selama 8 hari pada tahun 1907. Pengalaman itu lantas ia tulis dalam buku Scouting for Boy dan melalui buku tersebut gerakan kepanduan berkembang di Indonesia.

Pada kurun waktu 1950-1960, organisasi kepanduan tumbuh semakin banyak sehingga keberadaannya dinilai tidak efektif, tidak dapat mengimbangi perkembangan zaman, dan kurang bermanfaat dalam mendukung pembangunan Bangsa dan pembangunan generasi muda.

Namun, keadaan yang seperti itu tidak lantas menyurutkan semangat para tokoh kepanduan saat itu. Akhirnya, pada tanggal 9 Maret 1961 Presiden Soekarno selaku mandataris MPRS memberikan amanat kepada pimpinan Pandu di Istana Merdeka untuk lebih mengefektifkan organisasi kepanduan sebagai satu komponen bangsa yang potensial dalam pembangunan bangsa dan negara.

Saat itu, Presiden Soekarno membubarkan organisasi kepanduan di Indonesia dan meleburnya ke dalam satu organisasi gerakan pendidikan kepanduan bernama Gerakan Pramuka. Gerakan berlambang Tunas Kelapa ini pun dibentuk dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961, tanggal 20 Mei 1961. Meski ditetapkan pada tanggal tersebut, Gerakan Pramuka secara resmi diperkenalkan kepada masyarakat pada 14 Agustus 1961.

Nah, bagaimana adik-adik, sekarang sudah tahu ‘kan sejarah Gerakan Pramuka di Indonesia? Yuk, dengan semangat kemerdekaan dan Gerakan Pramuka, kita jalankan terus apa yang sudah diperjuangkan para pahlawan dan tokoh kepanduan. Semangat!

Rekomendasi

kamus-lengkap-bergambar-inggris-indonesia     menggambar-manga-dengan-pensil-untuk-pemula

banner-wira--dane