Pentingnya Imunisasi Polio bagi Balita 0—59 Bulan

imunisasi-polio

Sumber foto: fokusjabar.com

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio hadir kembali. Mulai 8—15 Maret 2016 ini jangan lupa ajak buah hati Bunda ke pos kesehatan terdekat untuk mendapatkan imunisasi polio secara gratis, ya. Vaksin polio ini merupakan salah satu vaksin yang dibutuhkan bayi agar terhindar dari penyakit polio.

Apa, sih, penyakit polio itu?

Penyakit polio adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus polio. Virus ini bisa ditularkan melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Virus ini menyerang susunan saraf pusat pada anak balita dan dapat menyebabkan kelumpuhan. Meski penyakit ini tidak ada obatnya, namun dapat dicegah melalui imunisasi polio. (idai.or.id)

Masih menurut idai.or.id, sebenarnya Indonesia—bersama dengan negara-negara di Regional Asia Tenggara—telah dinyatakan bebas polio oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) sejak Maret 2014. Nah, untuk mempertahankan keberhasilan tersebut dan mewujudkan dunia bebas polio, maka Indonesia perlu melakukan imunisasi polio tambahan melalui PIN ini.

Apa manfaat PIN polio bagi anak?

Seperti halnya imunisasi lain, imunisasi polio bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak terhadap penyakit polio. PIN polio yang diadakan oleh pemerintah sendiri sebenarnya merupakan upaya pencegahan penyebaran/penularan virus tersebut.

Anak usia berapa yang harus mengikutip PIN polio?

Karena polio menyerang anak, maka anak usia 0—59 bulan diwajibkan untuk mengikuti PIN polio. Meski anak tersebut sudah pernah mengikuti imunisasi polio sebelumnya, tidak masalah jika Bunda kembali mengajaknya ke pos PIN terdekat.

Lantas, bagaimana dengan anak Bunda? Sudahkah ia mendapatkan imunisasi polio? Mumpung masih ada waktu, yuk, ajak mereka ke PIN polio 2016 dan kita wujudkan Indonesia bebas polio.

Rekomendasi

kamus-lengkap-bergambar-inggris-indonesia     menggambar-manga-dengan-pensil-untuk-pemula

banner-wira--dane