Mengenal Keajaiban-keajaiban di Indonesia

 

Adik-adik, kita patut berbangga, lho, menjadi warga negara Indonesia. Kenapa? Karena Indonesia kaya sekali akan keunikan dan keajaiban. Ada pulau terbesar, sungai terpanjang, hingga air terjun tertinggi. Tidak percaya? Yuk, kita bahas satu per satu.

Pulau terbesar

pulau-papua

Adik-adik, tahukah kalian di manakah pulau terbesar di bumi Nusantara ini? Jawabnya Papua. Pulau Papua terletak di bagian timur Indonesia, tepatnya di koordinat 00 19’ – 100 45’ Lintang Selatan dan 130 45’ – 1410 48’ Bujur Timur. Pulau ini berbagi wilayah dengan negara Papua Nugini di bagian timurnya. Wilayah Papua sendiri membujur dari barat ke timur (Sorong – Jayapura) sepanjang 1.200 km, dan dari utara ke selatan (Jayapura – Merauke) sepanjang 736 km.

Uniknya, meski dibilang sebagai pulau terbesar, di Papua hanya ada dua provinsi, yaitu Provinsi Papua di bagian Timur dengan ibukota Jayapura, dan Provinsi Papua Barat di bagian barat dengan ibukota Sorong.

Nah, sebagian besar wilayah Pulau Papua ini masih ditutupi hutan yang juga menjadi tempat hidup berjuta spesies flora dan fauna yang memesona, lho.

Daerah pesisir barat dan utara Pulau Papua memiliki iklim tropis basah dengan curah hujan rata-rata berkisar antara 1.500 – 7.500 mm per tahun. Curah hujan tertinggi terjadi di pesisir pantai utara dan di pegunungan tengah, sedangkan curah hujan terendah terjadi di pesisir selatan.

Sungai terpanjang

sungai-kapuas

Setelah membahas pulau terbesar, kini saatnya adik-adik mengetahui sungai terpanjang di Indonesia. Ya, sungai Kapuas atau Sungai Batang Lawai yang terdapat di Provinsi Kalimantan Barat adalah sungai terpanjang di Indonesia.

Panjang sungai ini mencapai 1.143 km. Hulunya di Pegunungan Muller dan muaranya di Selat Karimata. Sungai Kapuas melintasi Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Melawi, Sintang, Sekadau, Sanggau, Handak, Kubu Raya, hingga membelah Kota Pontianak.

Sungai Kapuas memiliki peran penting untuk kehidupan masyarakat di sepanjang alirannya. Mereka membangun tempat tinggal di bantaran sungainya yang memiliki ciri khas perkampungan Kalimantan Barat, yang bersusut dan berderet-deret. Sungai Kapuas juga berfungsi sebagai sarana transportasi murah yang menghubungkan satu daerah dengan daerah lainnya.

Air Terjun Tertinggi

air-terjun

Siapa di antara adik-adik yang sudah pernah bertamasya ke air terjun? Menurut KBBI Online, air terjun merupakan aliran air yang melewati jeram hingga air tersebut jatuh bebas ke dasar sungai (lereng, lembah).

Nah, air terjun tertinggi di Indonesia terdapat di Sumatera Utara, tepatnya 250 km dari kota Medan. Air terjun ini bernama Air Terjun Sigura-gura. Dikatakan sebagai air terjun tertinggi karena tingginya mencapai 250 meter. Air terjun ini digunakan untuk menggerakkan generator PLTA Sigura-gura yang menghasilkan listrik untuk kehidupan masyarakat sekitar.

Bagaimana adik-adik, percaya kan bahwa Indonesia memiliki banyak keistimewaan dan keunikan? Nah, jika adik-adik ingin tahu lebih banyak tentang keragaman Indonesia kita tercinta ini temukan jawabannya dalam buku The Amazing of Indonesia; 71 Keajaiban Indonesia yang Wajib Diketahui.


 

The-Amazing-of-IndonesiaThe Amazing of Indonesia; 71 Keajaiban Indonesia yang Wajib Diketahui karya Sugeng HR berisi pengetahuan tentang keragaman yang bisa kamu temukan di Indonesia.

Rekomendasi

kamus-lengkap-bergambar-inggris-indonesia     menggambar-manga-dengan-pensil-untuk-pemula

banner-wira--dane